Pola Lampung Selatan

Lampung Selatan

GRAND ELTY KRAKATOA RESORT, PANTAI EMBE, PANTAI BAGUS
Kawasan wisata ini dahulu dikenal sebagai Kalianda Resort, terletak di Desa Kalianda, Lampung Selatan, Fasilitas yang tersedia adalah arena olahraga, outbound, perkemahan, off-road, hotel, bungalow, diskotik, outdoor resto di pantai, ruang pertemuan, mushola, penyewaan sepeda, kolam renang. Arena olahraga disiapkan untuk Beach Volley, beach soccer, driving range dan lapangan golf. Olahraga yang dapat dilakukan adalah jetski, perahu dayung, banana boat, snorkling, diving, termasuk diving di pulau sebuku, serta memancing dengan layang-kayang, di sekitar Teluk Merak Belantung.

Grand Elty Krakatoa Resort terletak di Kalianda, tepatnya di Km 45 Jalan Trans Sumatra. Resort ini merupakan Kawasan Resort yang Terintegrasi antar beberapa fungsi Resort dalam lahan 360 Ha. Panjang pantai berkisar 7 KM dan panjang jalan masuk berkisar 4 KM. Pada kawasan ini sudah berdiri fasilitas Hotel & Villa bernama Grand Elty Krakatoa Resort dan fasilitas pantai berpasir putih yang bernama pantai eMBe. Perjalanan dari Jakarta – Grand Elty Krakatoa Resort melalui darat pada umumnya 5 jam, sudah termasuk naik Ferry menyeberang Selat Sunda 2 jam. Bila naik pesawat terbang dari Jakarta berkisar 3 jam. Alamat Jl. Trans Sumatera Km. 45 Merak Belatung Kalianda, Lampung Selatan. Telp (0727) 322900/(0727) 77006333, fax (0727) 322323, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SUMBER AIR PANAS WAY BELERANG
Sumber air panas Way Belerang terletak di kaki gunung Rajabasa, dengan lokasi berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Kalianda (km 57). Tempat rekreasi ini merupakan tempat pemandian yang sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit dan kesegaran tubuh. Kompleks pemandian ini dilengkapi dengan kamar bilas, kamar ganti, sarana parkir, kios-kios penjual makanan dan minuman.
Secara administratif, tempat itu termasuk bagian wilayah dari Kelurahan Bumiagung. Tiketnya pun sangat murah. Apabila menggunakan kendaraan sepeda motor, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp.5 ribu. Tetapi jika pengunjung datang menggunakan mobil, tiket yang harus dibayar sebesar Rp.10 ribu. Tetapi itu belum termasuk tiket per kepala Rp.10.000,-
Sebuah hotel terpadu dengan kolam air panas terletak di Desa Buah Brak tidak jauh dari sumber air panas. Semua kamar AC, Hot & Cold Water Shower, LCD TV 26’4. Mini refrigerator for Bar Complimentary of Mineral Water, gratis kolam air panas 2 orang, tax & service included. Lokasi sumber air panas belerang terletak tidak jauh dari pusat kota Kalianda. Motor sewaan/ ojek tersedia di sekitar pusat kota dengan tarif kisaran Rp. 25.000,- / orang.

PULAU SEBUKU
Pulau Sebuku terletak di antara pulau Sebesi dan dermaga Canti. Pulau Sebuku adalah pulau dengan pantai yang bersih dan landai, sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekedar santai menikmati panorama laut. Transportasi menuju pulau Sebuku menggunakan kapal motor reguler dari dermaga Canti dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

PULAU SEBESI
Bagi anda yang ingin mengenal Krakatau lebih dekat, maka Pulau Sebesi adalah tempat yang cocok untuk mengamati aktifitas gunung Anak Krakatau. Pulau Sebesi dengan luas 1600 Ha adalah Pulau yang terdekat dangan anak Krakatau. Pulau ini juga dikenal sebagai tempat wisata buru, dengan fasilitas yang telah tersedia ; Pesanggrahan dan Cottage Pulau Sebuku terletak diantara Pulau Sebesi dan Canti. Sebuku Lunik dengan pantai yang bersih dan landai sangat cocok untuk berenang atau sekedar santai menikmati panorama laut. Transportasi menuju Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku menggunakan kapal motor reguler dari Dermaga Canti dengan waktu tempuh 1,5 jam.
Transportasi menuju Pulau Sebesi – Krakatau:
Bandar Lampung (Terminal Bus Rajabasa / Terminal Panjang) – Kalianda, naik bus sekitar 1 jam.
Pelabuhan Bakauheni – Kalianda, naik bus kota sekitar 45 menit, atau langsung carter angkot warna kuning dengan biaya sekitar Rp. 150.000,-. Tersedia juga ojek dengan ongkos (setelah ditawar) Rp. 30.000,-
Kalianda – Dermaga Canti (10 km dari Kota Kalianda), angkutan umum 10-15 menit.
Dermaga Desa Canti – Pulau Sebesi, menggunakan kapal kapal reguler dari Pulau Sebesi ke Dermaga Canti pada pukul 07.00 Wib setiap harinya dan dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi pada pukul 13.00 Wib setiap harinya. Ongkos kapal reguler sebesar Rp 17.000,00 (termasuk jasa raharja).
Lama perjalanan sekitar 1.5 – 2 jam. Jasa Guide Lokal Rp. 200.000,-. Sewa Kapal (Rute Sebuku – Sebesi – Krakatau – Sebesi – Dermaga Canti) Rp. 3.200.000 bisa untuk 20. CP sewa kapal: Pak Samson – 0819 0619 5137, Pak Mansur 0813 8657 8667, Hayun ( 081369923312).

KRAKATAU
Gunung Krakatau terletak di Selat Sunda (41 mill dari Bandar Lampung), setelah letusan Krakatau muncul gunung api yang dikenal sebagai anak Krakatau dari kawasan kaldera purba gunung Krakatau yang masih aktif dan terus bertambah tingginya dengan kecepatan 20 inci per bulan. Krakatau sudah menjadi Daerah Konservasi Alam maka untuk masuk ke Krakatau harus mendapatkan ijin lebih dulu ke Balai Konservasi Lampung (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi/SIMAKSI). Pengunjung rombongan dapat menghubungi Pak Amir di nomor 081379373789. Pak Amir adalah salah seorang pengawas kawasan Cagar Alam Krakatau sekaligus pemilik atau pengelola kapal kayu disekitar area Pulau Sebesi dan kawasan Cagar Alam Krakatau sehingga bisa sekalian sewa perahu atau meminta informasi penginapan. Tidak dibutuhkan keperluan pendakian gunung yang banyak karena hanya tracking ringan, cukup gunakan alas kaki yang ringan dan nyaman untuk mendaki hamparan pasir hitam.
Untuk mencapai Krakatau, wisatawan dapat menginap dulu di Pulau Sebesi. Dari Dermaga Desa Canti menuju Pulau Sebesi, menggunakan kapal reguler yang berlayar hanya 1 kali/hari, pukul 07.00 WIB dari Pulau Sebesi ke Dermaga Canti dan dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi pada pukul 13.00 WIB. Lama perjalanan sekitar 1.5 – 2 jam dengan tarif Rp. 17.000.
Kepulauan Krakatau mempunyai daya tarik yang unik, baik bagi Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara, khususnya bagi peneliti, karena Pulau ini merupakan laboraturium alam bagi berbagai disiplin ilmu (Geologi, Konservasi, Biologi dan Vulkanologi). Disamping itu, aktifitas Anak Krakatau, sunset pada sore hari merupakan panorama alam yang sangat menarik untuk disaksikan. Gunung Anak Krakatau muncul dari permukaan laut pada tahun 1927 dan sampai dengan bulan Desember 1999 ketinggian Anak Krakatau telah mencapai lebih kurang 400 meter. Ketinggiannya terus bertambah beberapa meter setiap tahun. Selain itu di kepulauan ini dapat dijumpai tempat yang menarik untuk berenang, menyelam dan kegiatan Wisata Bahari lainnya.

Mencapai Krakatau
Dari Bandar Lampung (melalui terminal Bus Rajabasa atau terminal Panjang) menggunakan Bus jurusan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan (45 menit), kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum menuju desa Canti (10 menit). Atau jika anda dari pelabuhan Bakauheni menggunakan Bus /Angkot jurusan Kota Kalianda (45 menit), di lanjutkan dengan angkutan umum menuju Desa Canti. Dari Dermaga Desa Canti menggunakan kapal motor rakyat yang dapat kita sewa ke Kepulauan Krakatau / Gunung Krakatau dalam waktu sekitar 150 menit atau kapal cepat dalam waktu sekitar 90 menit.
Alamat Kantor BKSDA Lampung :
Jl. Z. A. Pagar Alam IB – Bandar Lampung
Telp./Fax.(+62 721) 703 882
Email: [email protected] : [email protected]

MENARA SIGER
Menara Siger sebagai landmark/simbol penanda bagi Provinsi Lampung yang mencerminkan identitas Lampung sebagai Provinsi Gerbang Selatan dan Titik Nol-nya Pulau Sumatera. Dibangun di atas bukit dekat Pelabuhan Bakauheni (km 87) yang sangat strategis sebagai tempat transit dan wisata. Dengan mengadaptasi bentuk khas tradisional Lampung diambil dari bentuk Mahkota Siger yang dikenakan oleh wanita Lampung pada upacara-upacara adat dan merupakan suatu simbol kehormatan, simbol budaya Lampung dan sering diaplikasikan pada bangunan, monumen serta ragam hias. Disamping bentuk dasar Mahkota Siger, desain ini juga memasukan bentuk asli tradisional Lampung lainnya yaitu paguk di bagian kiri kanan menara sebagai perlambang perahu. Pada puncak menara terdapat payung merah, kuning, putih sebagai simbol hirarki kebangsawanan. Dimensi Menara Siger : Tinggi 32 meter, panjang 50 meter, lebar 10 meter, lantai 5 tingkat. Ruang dalam difungsikan sebagai Pusat Informasi Budaya dan Pariwisata Lampung serta kegiatan keagamaan. Untuk mencapai Menara siger sangat mudah karena terletak di perlintasan jalur timur dan tengah Sumatra dan Pelabuhan Bakauheni. Kunjungan dapat dilakukan pada siang hari pada jam kerja dan hari libur.

MUARA PILUK
Muara Piluk adalah sebuah dusun yang masuk dalam Desa Bakauheni Lampung Selatan (sekitar 1 km dari Pelabuhan Bakauheni). Letaknya persis di bawah Menara Siger. Hal yang menarik adalah Pelabuhan Kapal Bagan Congkel, aktivitas pembuatan ikan asin dan aktivitas nelayan setempat. Kapal jukung dapat melayani pengunjung yang akan menuju Pulau Rimau Balak.

MAKAM RADEN INTEN II
Raden Inten II Gelar Kusuma Ratu (1834-1856) merupakan keturunan Fatahillah dari perkawinannya dengan Putri Sinar Alam dari Keratuan Pugung, dikenal sebagai pemimpin yang gigih menentang penjajahan Belanda. Gunung Rajabasa penuh dengan bekas peninggalan benteng dan kubu pertahanan perang yang menjadi saksi bisu dari kepahlawanan Raden Inten II. Makam Raden Inten II terletak di desa Gedung Harta dikenal dengan nama Benteng Cempaka, jarak tempuh 18 km dari Kota Kalianda.

PANTAI WARTAWAN & GUNUNG BOTAK
Objek Wisata Pantai Wartawan terletak di Way Muli 14 Km dari Kalianda melewati jalur pesisir Canti dan 30 Km dari simpang Gayam pada jalur Bakauheni – Bandar Lampung.
Pantai Wartawan dan sekitarnya di harapkan untuk berkembang menjadi Desa Wisata dengan pandangan lepas ke arah gugusan Krakatau Lokasi pantai Wartawan menempati areal sempit antara jalan lingkar Gunung Rajabasa, lereng gunung dan laut. Sebuah sumber air panas berada pada sisi pantai karang kaki bukit gunung botak yang terus menerus mengeluarkan uap panas (suhu air laut 80 – 100 C ), Bukit Gunung Botak yang terletak persis di kawasan pasang surut. Dari bukit setinggi sekitar 50 meter ini, Anda dapat memandang hamparan pantai yang sangat indah.

PANTAI PASIR PUTIH
Merupakan pantai dengan keindahan pemandangan laut yang terletak di Desa Terahan. Selain melakukan kegiatan aktivitas wisata pantai , wisatawan dapat berlayar dengan kapal motor menuju Pulau Condong dengan pantai pasir putihnya yang indah.
Fasilitas umum terdapat shelter, kamar bilas, rumah makan dan kapal motor. Pantai ramai pengunjung hanya pada hari-hari libur, bersebela-han dengan taman rekreasi terdapat Pulau Pasir yang mempunyai fasilitas dan kondisi yang sama dengan pantai pasir putih.
Dicapai hanya dengan 15 km pada jalur Bandar Lampung – Bakauheni
Transportasi menuju Pantai Pasir Putih :
Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus jurusan Pantai Pasir Putih, tarifnya Rp. 15.000,- Naik perahu ke pulau Condong charter Rp. 150.000,- – Rp 250.000,- jika berombongan tarifnya Rp. 20.000/orang. Saat pengunjung sepi, Pengunjung dapat menawar tarif.

PULAU CONDONG
Pulau Condong terletak sekitar 15 berperahu arah selatan dari pesisir Pantai Pasir putih Lampung selatan. Dari kejauhan tepatnya di pesisir Pantai Pasir putih Pulau ini nampak berbentuk bulat setengah lingkaran namun agak lonjong. Di tengah perjalanan anda bisa melihat Bagan yang dipasang para nelayan di tengah laut antara Pulau Condong dan Pantai Pasir putih. Para nelayan ini memasang Bagan untuk memudahkan dalam mencari ikan sebagai mata pe ncaharian masyarakat di sekitar Pasir putih. Kapal-kapal motor ini beroperasi hingga pukul 17.00 wib. Di sekitar pulau anda bisa melihat taman laut berupa terumbu karang, juga air laut yang masih sangat jernih.Di area Pulau Condong ada beberapa rumah berteduh sementara yang dibuat oleh para pedagang untuk mengelar dagangannya. Selain itu bisa juga digunakan para pengunjung untuk beristirahat sebentar atau disaat hujan tiba.

WAY PANAS BUMI NATAR
Sebuah sumber air panas terletak di desa Merak Batin – Natar Lampung Selatan (sekitar 19 km atau 30 menit dari Bandar Lampung) selalu ramai oleh pengunjung yang ingin terapi kese hatan dengan air panas. uniknya air panas ini tidak mengandung belerang sehingga tidak menyisakan bau belerang sehabis mandi berendam. Luas lokasi sekitar 1,5 hektar terletak di sisi Jalan Lintas Sumatra, terdapat tiga kolam penampungan air panas, kamar bilas serta ruang penginapan serta arena bermain anak-anak. Fasitas tersedia lainnya adalah musholla, kantin, tempat parkir dan lokasi parkir kendaraan yang cukup luas.

ALAU ALAU BOUTIQUE HOTEL
Alau-Alau Boutique Resort merupakan sebuah tempat wisata pantai yang ada di Kota Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Jaraknya sekitar 65 km dari Bandar Lampung atau sekitar 24 km dari Pelabuhan Bakauheni. kondisi alami pantai ini cukup menarik. Dengan latar belakang Gunung Rajabasa yang menjulang dan ombak yang agak bergejolak, menjadikan pantai ini indah. di ujung pantai, terdapat gerombolan batu karang yang merupakan tempat indah untuk berfoto. Tiket masuk disini adalah Rp.10.000/orang. Pantai ini memiliki fasilitas penginapan berupa cottage berbahan kayu bergaya rumah panggung khas perkampungan Sumatera. Disana tersedia cottage dengan 4 kamar yang berharga sewa permalam Rp.800.000, 2 kamar yang berharga sewa permalam Rp.400.000, dan 1 kamar yang berharga sewa permalam Rp.300.000.- (beach view) dan Rp.250.000.- (pond view). Selain itu disini juga terdapat bar dan kedai sederhana.

TABEK INDAH RESORT
Tabek Indah Hotel Resort (14 km dari Bandar Lampung) adalah sebuah resort bernuansa lanskap alam nan hijau, udara bersih (bebas polusi) dan tenang bebas dari kebisingan dan sangat ideal untuk sebuah resor liburan, pertemuan bisnis standar internasional. Tabek Indah Resort dilengkapi berbagai difasilitasi untuk Anda dengan Cottages, Function Hall, Ruang Rapat, Garden Cafe & Resto, Memancing, Kolam Renang & Pool Bar, Waterboom, Kiddy Pool, HandPowerBoat, Taman Bermain Anak, Outbound & Adventure, Flying Fox, Paintball, Carano Air Danau, Kid Listrik Scooter, Motor ATV.
Terletak di Jl. Raya Natar Desa Serbajadi – Pemanggilan, Natar, Lampung Selatan, bandara Radin Intan II dan Pusat Bisnis utama dan kota Bandar lampung. Jarak tempuh dari Radin Intan II Airport hanya 15 menit.

Leave your comment