Pola Pesisir Barat

Pesisir Barat

Rute perjalanan wisata ke Wilayah Pesisir Barat dimulai dari Kota Agung ke arah Barat (km 97 dari Bandar Lampung). Rute ini melintasi area Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sejauh puluhan kilometer sehingga para traveller sebaiknya memeriksa kendaraannya di tempat biasa para pelintas singgah sebelum memasuki jalan menanjak yaitu Sedayu. Tumbak Bayur, merupakan area peristirahatan di atas area puncak sedayu. Jalur ini masih relatif sepi dan tidak banyak kendaraan melintas. akan tetapi banyak tempat tempat eksotis yang akan dilewati.

 

RHINO CAMP SUKARAJA ATAS
Terletak di km 140, Point of interest : Menjelajahi hutan hujan di pagi hari untuk mengamati burung, owa, jejak satwa liar, termasuk jejak gajah, harimau, habitat raflesia, Kantong semar (Nepenthes) dll Bila tidak hujan, menjelajahi hutan di malam hari untuk mengamati bancanus tarsius atau kelinci Sumatera. Semua kegiatan di dalam hutan harus dipandu oleh Petugas Jagawana untuk keamanan dan kenyamanan kunjungan di Bukit Barisan Selatan. Fasilitas : 3 kamar sederhana untuk tamu untuk menginap , toilet , ruang pertemuan terbuka , Post Jaga, jaringan selular GSM (Telkomsel & XL)

WAY PEMERIHAN (POS PATROLI GAJAH)
Way Pemerihan adalah salah satu spot kunjungan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terletak di km 149. Gajah terlatih dengan Petugas Jagawana siap untuk melakukan patroli hutan mengatasi kegiatan ilegal di taman nasional. Potensi ekowisata yang terkandung di hutan meliputi sungai dan hutan sebagai habitat flora dan fauna seperti burung enggang, gajah, harimau, rusa dan elang.

Aktivitas Way Pemerihan :
Naik gajah menyusuri sungai dan hutan perjalanan dikawal oleh Petugas Jagawana selama setengah atau satu jam menikmati suasana hutan tropis. Atraksi lainnya yaitu kesenangan dari gajah mandi di sungai Way Pemerihan dan memberi makan gajah dengan pakan yang telah disediakan. Way Pemerihan terletak di rute yang sama seperti Camp Rhino . Dari Bandar Lampung ke Kota Agung – Wonosobo – Sukaraja Atas – Camp Rhino – Way Pemerihan. Perjalanan ke tempat ini mungkin diintegrasikan ke tempat lain karena terletak di jalur wisata ke Krui di Area.

WAY HENI
Kota kecil perlintasan setelah melewati Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di jalur lintas setelah melewati Way Pemerihan dari arah Sedayu di km 152. Daerah ini ini merupakan kota terdekat dengan TNBBS. Beberapa Rumah makan, bengkel, gerai seluler tersedia.

PENANGKARAN PENYU MUARA TEMBULIH
Terletak di Pekon Muara Tembulih, Kecamatan Ngambur atau sekitar 59 km dari Liwa atau 172 km dari Bandar Lampung. Area ini merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah Pesisir Barat. Hal menarik di tempat ini adalah dari 7 jenis penyu yang ada di dunia dan 6 jenis yang ada di Indonesia. Ada 4 jenis di antaranya singgah di daerah sekitar Pantai Muara Tembulih yaitu penyu sisik, penyu lekang, penyu hijau dan penyu belimbing. Ekowisata di kawasan ini sangat layak dikunjungi oleh berbagai kalangan wistawan asing maupun domestik terutama para peneliti atau mereka yang memiliki minat khusus terhadap ekologi pantai.
Untuk menikmati semua itu, tempat ini dilengkapi dengan pondok wisata yang cukup representative dan pemandu yang cakap yang dapat membantu anda memenuhi hasrat keingin tahuan tentang penyu dan kehidupannya.

SURFING SPOTS (Way Jambu, Karang Nyimbor, Mandiri, Labuhan Jukung, Way Redak, Pugung Tampak)
Tanjung Setia adalah Desa Wisata dimana terdapat pantai yang sangat populer untuk berselancar dan langsung menghadap Samudera Hindia (215 km dari Bandar Lampung). Selama bulan April sampai Oktober gelombang dapat mencapai ketinggian 4 meter dan 200 meter panjangnya. Ujung Bocor dikenal sebagai spot surfing Left hander panjang paling konsisten di wilayah titik Tanjung Setia. Selama musim ini banyak wisatawan dari seluruh dunia datang ke pantai ini untuk surfing. Cottages khusus dibuat untuk peselancar tersedia di sepanjang jalan wisata area ini. Di sisi lain daerah ini terdapat beberapa tempat surfing seperti Way Jambu , Mandiri Beach, Labuhan Jukung ke utara sampai Pugung Tampak. Berenang, berselancar , berjemur, body surfing, atau bersepeda di sepanjang pantai, Menjelajahi Taman Nasional, Krui daerah dan pulau pisang kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan Anda.

AKSES MENUJU TANJUNG SETIA:
Pantai ini terletak di Desa Tanjung Setia , Kecamatan Pesisir Selatan, 30 km dari Krui atau 215 dari Bandar Lampung. Bus reguler ” PO. Krui Putra ” melayani Bandar Lampung dari Terminal Bus Rajabasa ke Krui . Airport Taxi juga tersedia melayani secara langsung untuk menuju Tanjung Setia, Krui dan sekitarnya. Bandara Perintis melayani Bandar Lampung ke Bandara Serai di Pesisir Barat.

AKOMODASI: TANJUNG SETIA:
Ombak Indah Losmen : Ombak Indah berada di posisi di titik utama , menghadap pantai spot surfing Ujung Bocor, ombak yang panjang dan sempurna di bliangan Tanjung setia. Terdapat 13 kamar, 9 di antaranya adalah single atau twin, 2 kamar yang dapat menampung 3 orang dan 2 kamar lain yang dapat menampung hingga 4 orang . http://www.ombakindahsurfcamp.com/
Lovina Krui Surf : Jl . Wisata Tanjung Setia. Pesisir Barat Lampung Sumatera , Indonesia 34875 [email protected] Telepon : +62 85377802212 atau nomor lokal 085 377 802 212 Pin BB : 8300A8F4 http://www.lovinakruisurf.com/

Damai Bungalows : Pengunjung dapat mengamati spot left hander paling konsisten dan terpanjang di http://www.damaibungalows.com/ HP +62 813 693 07475
Utopia Tanjung Setia Pesisir Selatan 0813-6961-8419
Hotel Kahuna Pantai Tanjung Setia Pesisir Selatan 081379995999
Paradise Beach Pesisir Selatan 0813 7928 8750
Way Teluk Tanjung Setia Pss Selatan 0813 1094 3668
Ujung Tapokan Tanjung Setia Pss Selatan 0813 7889 7788
Family Losmen Tanjung Setia Pss Selatan 0813 7994 9959
D’ Jabung Resort Tanjung Setia Pesisir Selatan 081369376766

MANDIRI BEACH AREA:
Mandiri Beach Club Pekon Mandiri Sejati 082181079313

PANTAI WAY REDAK, LABUHAN JUKUNG, SELALAU
Pantai Way Redak, Labuhan Jukung dan Selalau merupakan rangkaian pantai yang terletak di Pesisir Barat dekat dengan Kota Krui (km 236). Way Redak dan Pantai Labuhan Jukung, merupakan salah satu pangkalan nelayan pancing. Tapi jumlah perahu nelayan di Way Redak lebih banyak dari pada yang terdapat di Pantai Labuhan Jukung. Pada saat nelayan sedang merapat, Anda akan melihat ikan-ikan yang sedang diangkat dari perahu. Kalau Anda beruntung, Anda akan menyaksikan ikan blue marlin yang besar, sebesar manusia dewasa. Di samping itu, jika laut sedang surut, tidak jarang Anda akan menemui penduduk setempat menangkap gurita.
Pantai Way Redak (bahasa Lampung, Way Ghedak) terletak sekitar 3 km dari pusat kota Krui, Pesisir Barat, jika dihitung melalui jalan raya, ke arah selatan.
Sebenarnya pantai ini masih merupakan rangkaian dari Pantai Labuhan Jukung yang terletak di pusat kota Krui. Jika ditelusuri lewat pantai, dari Pantai Labuhan Jukung, Pantai Way Redak terasa dekat saja, tapi jika melalui jalan raya terasa agak jauh. Ombak cukup bagus untuk peselancar pemula.

KAWASAN WISATA ALAM DAN SEJARAH WAY MANULA , LEMONG
Syekh Aminullah atau dikenal sebagai Kramat Manula di Lemong arah utara Krui. Beliau meninggal sekitar 1525 Masehi. Aminullah berasal dari tanah Arab yang berlayar dari Aceh. Ketika melintasi laut di pesisir Krui Indonesia, badai membuat kapal terdampar di wilayah Cahaya Negeri, Lemong Kabupaten Pesisir Barat Lampung. Daerah ini merupakan salah satu pusat peninggalan sejarah masa food gathering zaman manusia goa, terkenal dengan ditemukannya tumbukan bukit kerang yang disebut. Aksessibilitas :
Perjalanan dari Liwa ke Lemong memakan waktu 3 jam dan dari Krui sekitar 2 jam menuju arah perbatasan Lampung – Bengkulu. Sebelum mencapai daerah Lemong, yaitu di wilayah Pugung Tampak, ada juga peninggalan makam yang dipercaya orang bahwa itu adalah makam Mahapatih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

PEKON PAHMUNGAN
Pekon Pahmungan (km 236) adalah salah satu tempat penghasil Ekspor Getah Damar ”Grade A” terbaik di Krui Kab. Pesisir Barat (Damar Mata Kucing) yang mana Tumbuhan ini asli endemik Krui, Lampung. Bukan hanya itu Pekon Pahmungan juga di kenal sebagai penghasil Buah-buahan yang berkualitas seperti : Bermacam-macam jenis buahan seperti Durian, Duku, Manggis, Nenakan dan lainnya yang merupakan hasil dari kebun warga Pekon Pahmungan.

PULAU PISANG
Sebuah Pulau kecil 200 hektar terletak di lepas pantai Tembakak di Pesisir Barat Lampung. Pulau ini dihuni oleh masyarakat dari 8 Desa. alam pantai dan pemandangan dipadukan dengan keramahan masyarakat lokal sungguh merupakan tempat yang untuk bersantai. Hal yang dapat dilakukan adalah jelajah pantai, menikmati sunset, dan bila beruntung perjalanan anda akan ditemani oleh lumba lumba liar yang sering muncul pada saat musim tuna. Untuk mencapai pulau Pisang, Kapal jukung tersedia dari Pelabuhan Krui ± 45 minutes. atau dari dermaba di Tebakak di sebelah utara Kota Krui. ± 15 min. Untuk informasi kunjungan : please contact Cp. 085669720011 atau 081369645

Leave your comment