Pola Tulang Bawang

Tulang Bawang

Kota ini merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang. Terletak di tepi sungai Way Tulang Bawang. Sebuah kota tua yang berkembang sejak zaman kolonial Belanda. Dahulu kota ini merupakan pusat pemerintahan kolonial, jauh sebelum Tanjung Karang – Teluk Betung menjadi tempat kedudukan pemerintah Hindia Belanda. Ciri khas kehidupan tradisional, kesibukan sebagai kota pelabuhan sungai, pola pemukiman, rumah-rumah tua dan tata kehidupan asli masih sangat terlihat.Beberapa fasilitas yang tersedia yaitu beberapa Hotel, Wartel, Rumah Makan. Menggala cukup menarik bagi mereka yang menyenangi budaya dan sejarah lama, kehidupan tradisional dan kesibukan perdagangan tradisional di Pasar Lama dan Pelabuhan sungai Tulang Bawang yang membelah Kota Menggala. Akses dan angkutan tersedia setiap hari (Menggala – Bandar Lampung). Nuansa kota lama berbentuk cabang-cabang jalan (straat), masjid tua, pasar tradisional dan sentra ikan air tawar, arsitektur rumah tua dapat kita jumpai disini. Menggala berjarak ± 97 km dari Bandar Lampung. Atraksi dan destinasi wisata yang ada di sekitar Kota menggala adalah rumah tradisional Lampung Menggala, pasar menggala yang terletak di tepi sungai Tulang bawang, Rawa Pacing, Masjid lama, Kampung Bakung dll.

REST AREA & WATER BOOM – UNIT II MENGGALA
Area peristirahatan bagi para pengunjung dan pelintas lengkap dengan arena permainan anak, kedai makanan, water boom, area parkir. Terletak di Unit II Menggala di Jalur lintas timur Sumatra (km 145) Simpang Pematang, merupakan daerah persimpangan yang ramai dan beberapa fasilitas tersedia bagi para pelintas yang akan menuju Sumatra Selatan dan Brabasan Mesuji.

CAKAT NYENYEK
Tidak jauh dari sisi utara kota (km 95), terdapat desa Cakat/ Nyenyek yang merupakan tempat penjualan produk ikan air tawar (ikan kering, ikan asin/ asap, terasi). Desa ini terletak disisi jalur lintas timur sumatera. Fasilitas akomodasi setaraf bintang, tersedia di kota ini, demikian pula rumah makan khas Lampung (Pindang Baung, seruit).

MAKAM MINAK PATI PRAJURIT
Komplek makam terletak di Kecamatan Pagar Dewa (masuk wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat), sekitar 30 km dari Menggala. Makam ini merupakan salah satu peninggalan / bukti sejarah tentang eksitensi kelompok masyarakat adat Lampung Tulang Bawang. Pagar Dewa merupakan kota kecamatan yang banyak menyimpan rekaman sejarah masa lampau. Suasana Tradisional, arsitektur khas masih dapat dijumpai disini. Pada waktu tertentu upacara tradisional sering diadakan. Ciri utama tempat ini adalah Pemukiman yang terletak di sisi sungai.

HOTEL DI TULANG BAWANG
Hotel Sarbini Jl. Raya Menggala (0726) 21550
Hotel Rembulan Jl. Lintas Timur Menggala
Tiara Jaya Jl. Cemara Menggala telp. (0726) 21606
Soponyono Jl. Lintas Timur Telp. (0726) 750037
Mega Rakhman Jl. Lintas Timur Menggala
Hotel Sari Bakung Terminal Menggala
Musi Raya Jl. LT. Timur Unit II Kec.B.Agung
Nusantara Jl. LT. Timur Unit II Kec.B.Agung
Sejahtera Pasar Unit II – Kec. Banjar Agung
Hotel Wisata Pasar Unit II – Kec. Banjar Agung

RUMAH MAKAN di TULANG BAWANG
RM. OMEGA Menggala (Pindang Baung)
RM Jatiwangi Kec. Tulang Bawang Tengah Tulang Bawang
RM Lestari Desa Dwi Warga Jaya Tulang Bawang
RM Simpang Jaya Desa Lebuh Dalam Dusun Tulang Dagang
RM Soponyono Desa Dwi Warga Jaya Tulang Bawang
RM Commetha Jalan Buay Bulan Desa Lebuh Dalam III/44 Menggala Telp.726-21084

OLEH OLEH :
Sentra Produk Ikan Air Tawar Desa Cakat Nyenyak Menggala Kab. Tulang Bawang
Terasi Udang Menggala : pasar lama Menggala

BANK
BRI Jl. Lintas Timur Menggala Telp. (0726) 750319)
Bank Mandiri Jl. Lintas Timur – Menggala Telp.(0721) 750165
Danamon Jl. Lintas Timur – Menggala Telp. (0726) 750002


POLRES & POLSEK
Polres Tulang Bawang Jl. Lintas Timur Sumatera Menggala
Telp. (0720) 21788

Leave your comment